Keadilan, adilkah?

Baru baca sebuah topik yang muncul di headpage nya kompas

Mencuri bawang 10 kg, 2 orang kuli panggul harus menerima vonis delapan bulan!

argh, rasanya sakit juga dengar…apalagi dibandingkan dengan kasus di pengadilan yang hampir sama, bahwa mantan anggota DPRD Banten yang diduga membobol APBD sebesar 14 Miliar, dihukum cuman 1,5 tahun, kok gak sebanding to.. 10 kg tu berapa ya.. palingan gak sampe 100 ribu gitu ( sumber : http://hargabawangaktual.co.id )

coba kita pake keadilan aritmetik, (14.000.000.000 : 100.0000) * 8 Bulan = 1.120.000 bulan
!! ya Allah, itu bahkan 40 kali malem lailatul qadr gak ketebus dee hehehe

Baru baca komiknya Buddha yang bikinannya Osamu Tezuka, banyak dibahas tentang pembedaan perlakuan ke manusia berdasarkan tingkat derajat nya, nah tampaknya yang terjadi di sini hampir mirip. Kalo kuli, hukum aja seenaknya, mungkin juga taruh di sel yang jelek, pengab, kumuh, bau, kalo anggota dewan atau bangsawan, waaah, palingan hakim ama jaksanya tanya dulu, mau dihukum berapa lama pak? sel nya yang ukuran berapa?

Ndak bermaksud apatis si sama sistem pengadilan kita, tapi ini kenyataan yang terjadi..

jangan sampai orang bilang dunia ini memang tidak adil kerena hal ini!

  1. Lho napa orang ga boleh bilang dunia ini tidak adil, pep? Tuhan sendiri apa pernah bilang kalau dunia ini adil?

    • febrian
    • Juli 7th, 2007

    Keadilan harus diperjuangkan.. itu maksudku, gak selamanya harus terima bahwa dunia ini gak adil, ada keadilan yang seharusnya dapat kita terima

  2. Hm, emang ga adil sih. Emang dunia ini adil? Kalo gw melihat sih, nggak. Yang adil itu Tuhan. Dunia yang diciptakannya belum tentu adil, karena yang bikin “keadilan” di dunia ini kan ciptaannya.

    Kuli nggak punya pengacara kayaknya, kalo si pembobol punya. Jadi gitulah hasilnya.

  3. rasanya keadilan itu beda-beda dari sudut pandang manusia, dan mungkin tergantung sistem hukum juga. ada yang ngeliat kalo “adil” itu mestinya lama hukuman berbanding lurus dengan nilai uang/barang yang dicuri. dalam sistem lain, mo kecil mo gede yang dicurinya, hukumannya sama: potong tangan. dalam sistem kasta, ada pembedaan perlakuan antarorang yang berderajat berbeda… ya mungkin pembedaan itulah yang mereka sebut “keadilan”.

    jadi kalau mau memperjuangkan keadilan yang kita yakini, pertama-tama bikin orang lain punya pandangan yang sama tentang “keadilan” dengan kita. hehehe…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: