I am a Comic Fanboy

Yah semua orang yang deket sama aku pasti tau kalo aku adalah penggila komik terutama komik amerika (juga penggila gadget, makanan kuliner, wisata, kamu mang gila ya feb…).

Yah rasanya kalo diinget2 aneh juga, bahwa perjalanan untuk menjadi comic fanboy ini terasa berkesan :

Era Anak ingusan (TK-SD)

Dulu sering banget maen ke rumah tetangga. Ketika itu jaman2 komik manga baru dimulai. Tetapi yang patut diingat, dulu pergantian tahun 1980-1990 adalah jamannya film-film komik amerika dimulai (jangan salah, film komik bukan dimulai dari Spiderman, tp memang diakui Spiderman memang jadi batu loncatan buat film komik modern).

Ada Teenage Mutant Ninja Live Action, terus ada Robocop, dan yang terakhir adalah Batman. Nah, di rumah tetangga itulah aku melihat poster, stiker, yang menarik hati seorang anak kecil ingusan bernama Febrian. Dan kebetulan lagi aku diajarin ngegambar Robocop di papan tulis pake kapur, wiiih dengan noraknya aku jadi gambar robocop di mana-mana, habisnya gampang sih.Terus yang berkesan lagi bahwa aku ngiler banget lihat anak tetangga dihadiahi orang tuaku buku bergambar Batman dari film.

Dan ketika aku beranjak ke SD, sempet tahu ada komik X Men seri manga yang versi Apocalypse (itu, yang Archangel berubah ke sayap besi) dari penerbit gramedia, aku bela-belain jalan kaki dari SD ke toko majalah yang deket kampus ITN Malang (yah jaraknya sekitar 1 kiloan, kok kecil2 rajin olahraga gedenya pemalas gini ya) demi mendapatkan satu eksemplar komik ini hohoho.

Aku juga punya pekerjaan sampingan menjadi penggamar dan pengarang komik ketika SD. Bersama Hafiz, Irfan dan teman-teman, setiap orang punya tokoh yang jadi jagoannya. Era Dragon Ball dan Doraemon masih populer waktu itu, jadi kami bener-bener terbawa banget gaya gambar komik2 itu. Senjata kami adalah buku sinar dunia dan bolpoin Pilot (gak mau gambar kalo bolpoin na bukan pilot, ketipisan goresannya pas banget buat gambar), kami pun saling menunjukkan karya, minimal bikin orang ketawa dan suatu saat bertanya ” eh pinjem buku komikmu dong” udah bikin hati ini berbungah-bungah

Era Anak Baru Gede (SMP)

Wah, ini era aku jadi ambisius banget (jadi pengen ke masa ini lagi). Komik-komik sinar dunia ku masih bertahan, dengan berhalaman2 komik aku hasilkan, menyenangkaaaaan. Apalagi aku punya tokoh orisinil yang entah kenapa bisa muncul di dalam pikiran dan aku tahu bagaimana karakter mereka, menggambar dan bikin komiknya pun mudah. Ada 2 tokoh yang satu adalah Komandan dan yang kedua adalah Prajurit, mereka adalah penjelajah angkasa bodoh berjulukan “Space Buster”. Komandan lebih pendek dari Prajurit nya, dan ngegambarnya kayak maskot bridgeston itu, gampang banget kan.

Di masa ini lah perkenalan dengan komik amerika sesungguhnya terjadi. Dan yang pertama aku kenal adalah : Spawn! sampe sekarang tokoh ini masih aku sukai, desain karakter dan sejarahnya keren. duh. Maskotnya tergambar di atas kan? heheheh. Ceritanya aku nonton pelem bajakan bareng (waktu itu baru mulai terkenal2nya pelem bajakan yang dari VCD) di rumah temen Luki, yang sekarang jadi suami sobat ku yang baek, Laura. Dan dia nunjukin koleksi komik (asli boo, ini komik Spawn asli dari amerika) punya kakaknya yang bolak balik Malang Surabaya. Bahwa komik2 itu ternyata bisa didapat dengan dibeli di Tunjungan Plaza (nanti ini ada ceritanya lagi).

Errgh mana bisa aku ke surabaya dengan kemampuan anak SMP ini. yah jadinya aku cuman ngiler dengan antusias liat komik Spawn yang benar2 mencuri hatiku, gambarnya, pewarnaannya (kalo ceritanya mah gak ngerti, berhubung English ku pas-pasan sampe sekarang juga, dan di komik itu penggunaan bahasa slank-nya kuat banget) huhuhuu aku terperangkap semakin dalam.

Ada Penerbit Indonesia yang mau nerbitin komik Amerika!!!! gak sengaja aku melongok ke toko majalah (dulu waktu smp sering juga beli majalah Hai hehehe) terpampang komik X-men terbitan indonesia uiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, apalagi gambarnya keren. Diambil dari cerita Uncanny X-man waktu itu setelah Onslaught Big Event, komik2 ini digambar sama Joe Madureira (sampe sekarang terkenal banget gayanya Madureira, sayang sekali gak sempet punya Battle Chaser nya, huhuhu). Dan gambarnya itu loo, gambarnya itu looo.

Terimakasih pada penerbit Wacana Yasa dari Surabaya yang mau nerbitin, mengobatin kerinduan ke komik asli Amerika yang hampir mustahil aku dapetin waktu itu. Terbit juga komik Amazing Spiderman yang digambar oleh John Byrne dan John Romita Jr. Bener2 penghibur hati satu bulan sekali, gak peduli abis putus kek ama cewek (ah dasar ABG) pokoknya tiap bulan aku jatahin 10 ribu buat beli 2 komik ini. sampe sekarang koleksi komik2 ini masih ada tersimpan rapi di Malang dan sempet aku bawa kuliah di Bandung dan komik X-Men bersampul merah oranye yang aku punya itu dah aku anggap anak pertamaku hahaha..

Dan Era SMP diakhiri dengan cerita aku ikut lomba desain tokoh komik di Mitra 2 Malang tempat perayaan Pekan Komik dan Animasi Nasional diadakan. Aku dengan Vio, temen SMP ku dulu waktu itu akhirnya ikut lomba, dengan antusiasme, dan ambisi yang menggebu-nggebu.

Waktu itu sih berpikir : masa sih gak bisa menang. Aku cukup percaya diri dengan karakter yang aku desain. Seorang superhero bertopeng yang make blangkon (lupa ya nama desain nya siapa, tapi kayaknya ‘Katon’ deh heheheheh. Sampe sekarang masih sering aku pake buat identitas maya). Tapi ya kesombongan ada balasannya juga. Gak dapat apa-apa di lomba ini. kalah dengan telaknya. Vio malahan yang menang dan dapat duit yang bisa dipake buat beli Rotring drawing Pen. Iri. Iri.

(Bersambung)

  1. Sudah lah Feb…

    lupakan web developing…. (terkait dengan posting sesudah ini)
    game studio aja…
    yuk mari…


    loooooooooooo mari kekekeke
    eh gimana kalo studio komik juga kekekkekek
    eh gimana kalo studio segala macem

  2. Wah jaman SD itu jaman gila-gilaan nggambar yo. Dulu itu bram juga, jabba juga suka (jaman2 pertama kali jabba mendapatkan namanya gara2 maleme bram nonton star wars, hwahaha). Ngarang2 komik gak jelas, waaaah. Gile, kangen pek.

    Aku inget jaman nonton bukumu sing ada Space Buster… ngiler2 aku pas iku soale pesawate keren😀

    Jaman SD (ato smp ya) itu yang aku inget irfan kalo nggambar orang slalu ada kuping tikusnya gitu, sampe aku tiru2 juga.

    PS: Irfan kok gak di link? Ono tuh irfanr.wordpress.com😀

    Hehehehehe nice post. Seneng aku nostalgia-an.

  3. Telat, lali. Ayo aku melu pisan lek gae2 studio, whatever wes game ato apa🙂

    hayoooo peeek setuju aku, kita bangun studio kita bareng2, duh nostalgia ini gak ada habisnya yo fis… bayangkan, si intan tadi manggil aku tablo, panggilan jaman SD yang aku dah lupa kepanjangannya apa, siapa yang ngasih……………

    oh iya baru inget. kepanjangannya tampang blo on……. duh kok menyedihkan ya ingetnya…….

  4. Haaa ha hahaha. Tablo.

    Jaman apaan tuh… luama banget kuwi.

    Lek ono studio game namae Gas Powered Games, kita bikin Nostalgia Powered Studio. Hahahaha.


    NPS fis? hahahahha emang keren yo lek iso bikin studio sing ngurusi macem-macem fis. minimal bidang kita : web, komik, grafis dan games. apakah kita serakah? hahahahahhaha

    mosok yo studio tablo

  5. Wakakakakak… TABLO-id !
    TABLO from Indonesia!
    Asiik julukan anyar…

    Setelah Kapri, Ebi (ini sok imut banget), ndut (ini baru kenyataan)
    dan sekarang….TABLOid!
    wakakakak

    Ayo-ayo! Bikin studio segala macem…
    Aku melu lek wes lulus….wakakakak

    iyo tak, ayoo, awakmu kan yo iso mewujudkan proyekmu di sini. aku yo iso, intinya buat impian kita2 lah.
    Kapri kuwi kapan yo, jaman smu ato bustani tok sik ngeke’i hahahah, ebi mah julukan sayang ponakan ke saya, ndut? yaaaah…. ( ngelus-ngelus dada) kok yo malah diteruske to…

    • siltavia
    • Desember 1st, 2008

    Ikut dong. Hehehe. Hallo Febri..

    Oooo ini vio too, lam kenal😀, maap namanya tiba2 muncul di postingan hehe

  6. Nah lu Vio muncul.. ayo ndi sambungane iki ceritane…bersambung iki…

    wis takterusno tuu hahahahaha suwun suwun dielingno

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: