I am a comic fan boy [Part 2]

Sudah Melupakan Ujian (SMU)

Nah ceritanya balas dendam ketika SMP yang gak pernah menang-menang, ikut lagi kompetisi yang sama, di ajang Pekan Komik Nasional, tp naek kategori SMU. dan dengan senang hati lawan-lawan aku libas, sedikit banyak karena dah pernah pengalaman ikut lomba juga sih :p. Nongol lah di panggung dengan sebuah komik pendek yang berhasil menyabet juara satu. untuk ukuran waktu itu, dapat 100 ribu ya lumayan laah. nah dari 100 ribu ini lah kemudian petualangan berlanjut tambah seru.

Pergi ke Surabaya!!! naek kereta ekonomi hahaha, sama kakak kalo ndak salah. Ongkosnya murah meriah 3000, tapi ya itu lah, perjalanan ke surabaya ternyata memakan satu hari penuh. Kenapa harus ke surabaya? karena di sanalah (tepatnya Tunjungan Plaza) ada toko yang menjual komik Amerika asli, tau tempatnya dari kakak temen yang bikin ngiler dengan spawn itu. Nama tokonya Hobby Mania. Nyarinya ya ampun, susah. apalagi ndak ada Google Map, 9292ov.nl, ataupun ns.nl jaman dahulu kala.  keliling ke sana kemari, ternyata tokonya ada di puncak boy, dan jualannya ternyata dah gak lengkap lagi hiks. Komik amerika cenderung diabaikan, dan ndak ada usaha buat mengadakan lagi. jadilah saya cuman milah-milah beberapa komik lama, ada beberapa yang bagus kayak Arcanum karyanya Brandon Peterson (terutama karena di support Liquidology sih coloringnya). pulang ke malang naek kereta ekonomi lagi dan dengan hati gembira. hehe. ndak kapok-kapok, kembali lagi lah saya ke surabaya di lain waktu….sendiri……ya pengalaman lah, kayaknya dari situ hobi menyendiri dan jalan jauh mulai terkuak.

Prestasi gambar lumayan berlanjut. Saya menang lomba karikatur geografi yang diselenggarakan Fakultas Geografi UM dan Jawa Pos, gak juara 1 sih, tapi juara 2 dan 3 nya saya boyong semua. Sempat menang juga lomba desain maskot SMU 3 Malang. Tokohnya si namanya Harpati, tp kayaknya ndak berlanjut tuh karakternya hihihi. Pas di SMU juga saya sempat menyambangi Jakarta buat ikut kuis LG Prima, tp yaah ndak ada apa-apanya di jakarta. malnya ndak ada isi komiknya sama sekali hihihi cupuuuuu.

Di masa SMU ini lah pihak MnC meneruskan penerbitan komik Amerika. Ada Ultimates Spiderman, Ultimates X-Men, dan… Kingdom Come buatannya Alex Ross!!! gilaaa keren abissss. ndak terlalu suka Ultimates Spiderman sih, tp yang X-Men garapannya Millar, keren banget ceritanya. dan sayang nya harus putus di tengah jalan karena pihak MnC menghentikan setelah melihat pangsa pasarnya ndak berkembang. Padahal ceritanya lagi seru-serunya!!

Kuliah

Naah inilah era kedewasaan saya dalam berkomik amrik ria haha. akhirnya nemu juga komik yang menjual komik asli!!!!! dulu sempet baca sih si Armand Maulana yang penggemar komik itu belanjanya juga di sini. Saya menemukannya juga aneh. berbincang-bincang dengan si Dian rekan baru kuliah di IF waktu orientasi, dia cerita ada kok toko yang jual kartu magic sama komik Amrik, sorenya langsung saya cabut berkelana nyari angkot menuju ke sasaran! Yah biasalah anak baru, nyasar dengan gampang nya hahaha, salah turun, buta arah, membawa saya harus bertanya ke tukang jaga toko dengan bahasa sunda medok saya, dan alhamdulillah ibunya menjawab dengan baik hati pake embel-embel Kasep hihihihih ato saya yang ke geeran ya. sempat diwarnai jalan kaki 30 menitan, sampai lah saya di Planet Comic! Setra sari Bandung. tokonya bener2 konsen ke komik amrik, senangnya, jadi bener2 bejibun isinya komik semua. ada Marvel, ada DC, dan ada …. Spawn! tp yah saya terlambat. Spawn dah ndak dipegang lagi sama si keren Greg Capullo huhuhuhu. cuman ada Angel Medina. tp yah lumayan jadi obat kerinduan hati.  

Tapi di masa-masa ini, berhentilah saya jadi produktif. mungkin  karena udah dijejali dengan konsumsi komik melulu ya. jadi isinya cuman menikmati, ndak membuat. Konsumsi komik itu juga kemudian melambat, dibantu dengan terbitnya majalah Wizard yang anak turunan dari majalah aslinya di amrik sono. saya rajin mengikuti infonya dari majalah itu, tp akhirnya jadi malas baca komik aslinya. Alasan utama : Mahal. dan kedua : tampak semakin sulit saya rutin mengikuti. wong Planet Comic sendiri akhirnya cuman buka Sabtu Minggu… apa-apaaan itu buka cuman dua hari….

Ada apa ini, ada apa……

[Bersambung]

PS  : oh iya, pulangnya dari Planet Comic saya kembali nyasar, kali ini bener2 menjauh dari tujuan dengan nyampe di Geger Kalong. yah itung2 pelajaran mengenal Bandung😀

  1. Horee diterusin *keplok2*

    I love this kind of story😀

  2. Waah. Kenapa ya orang orang yang saya kenal semuanya dah pada brenti bikin komik. Hmmm. Ayo bikin part 3nya!

  3. Btw, GEGER KALONG? Ya oloh..😀

  4. Saya juga dulu comic fan bgt Feb. Tapi japan comic, bukan amric. Sekali pinjem bisa sampe 50an komik. Bawanya pake 1 tas ransel plus 1 tas jinjing. Mas2 perpusnya sampe suka heran. Perna saking non-stopnya baca komik terus (sambil tiduran pula), kepala saya langsung pusing minta ampun dan muntah. Hwahahaha… konyol.

    • RukmaPratista
    • Desember 11th, 2008

    kangen komikmu ndut…. (bentar, perlu digarisbawahi, komikmu saja)
    bikin komik petualangan santolo geh..
    menyusuri kebun teh yg indah permai, uncal2an bola pasir, golek pithing, adus ng kali pinggir dalan, kunci motor ilang, maem sate dikancani laler, hahahahaha…

    this biggest fan of your comics will find his own way to be an artist too…
    dungakno ya…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

