ehm RPL ehm….

Ini karena saya kurang dengerin pas kuliah Rekayasa Perangkat Lunak.. atau saya nya aja yang males belajarūüėÄ. Tapi intinya saya bener2 bingung, mana yang method, mana yang teknik, mana yang sejarah, mana yang teknologi, mana yang struktur. Jadi ketika baca artikel yang menarik di Wiki, rasanya berpikir : “ooooooo gitu”.

Jadi, sejarah Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development Methodologies) dapat dijabarkan sebagai berikut :

1970s
1980s
1990s
New millennium

 

Lucu ya…….

Yang perlu dipelajari sekarang kayaknya yang banyak digunakan aja. kalo dari RPL, rasanya yang nyantol cuman satu : RUP oooh RUP. saran saya ya baeknya oh baeknya semuanya dipelajari, dan dicari kebaikan dan kelebihannya. ¬†ndak terpaku pada satu (uhuk… R..uhuk…UP) methodologi aja. mungkin seru juga kalo di kuliah PPL (Project Perangkat Lunak) mahasiswa di suruh milih pake metodologi apa, kemudian dibandingkan proses kerjanya, jadi basis kuliah ndak hanya produk jadi aja. merambat oh merambat kemana aja. atau…apa saya nya aja yang dodol ¬†jadi selama kuliah cuman satu metode aja nangkepnya hehe.¬†

Jadi oh jadi kok saya banyak pake kata X oh X di post ndak penting kali ini ya? cuman pengen nulis oh nulis aja hehe, ntar aja ah kalo mau bahas satu per satu.

 

PS : Dikutip dari wikipedia, ¬†akhirnya heran juga, EUP yang extensionnya RUP kok malah dikembangkan lebih dulu dari RUP yaūüėÄ, mari kita bergugel kawan…..

  1. banyak sejarah rpl membawa label programming, tapi kenapa praktisi rpl di Indonesia pada ‘alergi’ mrogram yah?

  2. yen nangkep 1 metode disebut dodol nek ra nangkep blas disebut opo feb?

  3. @pebbie : menurut saya praktisi nya yang terlalu mengotakkan diri. RPL di batasi pada tahap analisis dan desain yang cenderung ndak ada ngoding, tp mungkin bener kata peb, toh RPL bisa dimulai dengan kerangka coding yang baik yang diteruskan ke programmer. Jadi sinergi yang emang harus diutamakan.

    @aulia : gini ul, nangkep itu maksude : ” ooo ada ya RUP….. ” hahaha. lha kalo ditanyain ciri2 RUP yang iterative, incremental wah…sesuai kata penutup saya, mari bergugel kawanūüėÄ

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: