Tidak Netral!

Saya ndak terlalu suka ketika harus membaca berita detik, ataupun forum detik tentang Partai Keadilan Sejahtera. Kesan yang saya tangkap : Negatif.

Entah kenapa Detik jika menemukan kelemahan satu partai ini selalu bersikap provokatif, eksploitasi habis-habisan. yang menurut saya dari sisi jurnalisme, sangat tidak pantas! Jika ada contohnya suatu forum tentang PKS juga, wiih komennya jelek-jelek, dan sama sekali tidak ada usaha untuk melakukan moderasi terhadap komen yang masuk. 

contohnya : 

Tapi anehnya ketika polisi menetapkan ketiganya sebagai tersangka, anggota dewan ini tidak koorporatif memenuhi panggilan polisi. Alasannya ya itu tadi, mengklaim harus ada izin dari Mendagri karena mereka masih aktif sebagai wakil rakyat.

Sudah jelas melanggar UU Pemilu, PKS malah menunjukan sikap arogansi. Ketiga anggota dewan itu melalui pengacaranya M Kapitra Ampera malah mengancam polisi. Jika polisi tidak meminta izin terlebih dahulu ke Mendagri, Caleg PKS ini akan mempraperadilankan.

Saya heran kenapa terjadi generalisasi di sini. Subyek berita di sini adalah Caleg PKS. Bukan PKS itu sendiri.  kenapa yang ditunjukkan seolah-olah PKS yang menjadi subyek berita. Kalo memang caleg itu bertindak atas nama PKS, tolong disebutkan secara eksplisit bagaimana kejadian yang telah menjadi fakta. sedangkan berita yang ditampilkan di sini kesannya sangat memojokkan sebuah entitas PKS itu sendiri, bukan sebuah identitas personal. 

herannya, kalo Partai lain tidak sebegitu dipedulikan, entah sudah berapa banyak Caleg2 dari partai lain yang melakukan pelanggaran tapi tidak dikupas dengan lebih jauh. Mungkin sebuah kontrol dari Detik ke PKS itu sendiri, tapi menurut saya itu sudah cukup tidak mengenakkan untuk diikuti, dibutuhkan sebuah upaya editorial yang lebih netral dan positif….

  1. mungkin karena PKS adalah partai yang selalu menggembor2kan kebersihan kader2nya?

    • emmmmmmmm kalo partai laennya gak pede ya menggembor2 kan kebersihan hahahahaha makanya saya bilang itu tadi bentuk evaluasi detik ke PKS mungkin, tapi tetep caranya agak kurang berkelas. coba deh baca forum yang tentang PKS, tampak berat sebelah sekali …..

  2. tulisan detik kok dipikirin…

  3. kalau kata dosen jurnalisme saya, wartawan sekarang malas-malas, jarang menhklarifikasi berita, buktinya seringkali berita salah mengeja nama, padahal itu sesuatu yang sangat kecil kan

    dan kata dosen itu juga, media sekarang memang sudah jadi komoditas bisnis, yang penting menguntungkan….

  4. @pebbie

    wah harus dipikirin😛 heheh bener juga peb, mang gak boleh dimasukin, banyak orang yang gak bisa dipercaya tulisannya di internet, welcome to the world with less responsibility :p

    @anis

    wah gitu kah? wartawan harusnya mang profesi yang terjaga ya, tp yaaa tau ndiri lah indonesia :p yah mang dunia ini mang aneh….. semua dikuasai yang punya modal

  5. yoweis, feb…sekarang kan udah masuk masa tenang. jangan emosi…jangan emosi…hehehe.
    di sana nyontreng gak lu?

  6. oi golas, ada gosip baru ttg dirimu :))

    disini harusnya nyontreng, tp prosedurnya… harus ke denhaag dulu…. fomulir gak tau apa yang harus diisi.. ntah papa…

  7. sabar feb, sabar…
    FEB…. SABAR!!!

  8. Ribet banget kalo semua berita dan (apalagi) tulisan di forum mau diprotes satu-satu.

    Namanya juga internet, pep. Sakmau-maunya orang nulis deh.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: