Selamat Ulang Tahun Garuda Indonesia!

Siapa sih warga negara Indonesia yang gak kenal Garuda? kenal sih kenal, tapi mungkin gak pernah naek ya, saya aja belu. Malah pernah naiknya maskapai negara tetangga (ndak nasionalis huuuu).

Seulawah

61 tahun yang lalu, tepat pada tanggal ini, 26 Januari 1949, Garuda Indonesia didirikan, dulu namanya Garuda Indonesian Airways. Pesawat pertama yang dimilikinya adalah sebuah Douglas (sekarang sudah diakuisisi oleh Boeing) DC-3 yang diberi nama Seulawah. Hebatnya pesawat ini disumbangkan oleh masyarakat Aceh (ironisnya pemerintahan jakarta malah lupa. Aceh dulu dimasukkan ke propinsi Sumatera Utara, bahkan menjadi Daerah Operasi Militer).

Garuda  ber”pangkalan” di Soekarno Hatta dan mempunya hub bandara di I Gusti Ngurah Rai Denpasar, dan melayani jalur Domestik, kota-kota di Australia, Asia, Timur Tengah, bahkan sempat memiliki jalur ke Eropa, Amerika Utara, namun dua jalur ini ditutup, diperparah dengan larangan terbang seluruh maskapai Indonesia ke Eropa pada tahun 2007 yang untungnya sudah dicabut terhitung Juli 2009. Sebenarnya tidak heran larangan terbang ini dikeluarkan, track record penerbangan Indonesia cukup buruk, bahkan ada beberapa kecelakaan besar melibatkan maskapai resmi Indonesia ini. Untungnya setelah beberapa perbaikan menyeluruh untuk peningkatan keselamatan kerja, Eropa mau mencabut larangan terbang terhadap Garuda Indonesia pada Juli 2009 walaupun sempat menolak pengajuan pencabutan sebelumnya.

Dan dimasa awal reformasi, ternyata Garuda goyah, sebagaimana BUMN lainnya yang dikelola secara buruk dan tidak efisien. Ini juga disebabkan oleh beberapa even yaang sangat tidak mendukung industri penerbangan dan turisme Indonesia seperti peristiwa 11 September 2001, Pengeboman Bali, Tsunami Aceh 2004. Tercatat  pada  tahun 2004 Garuda Indonesia mencatat kerugian tahunan sebesar 600 M Rupiah atau  yang disebabkan juga antara lain oleh rute-rute yang tidak produktif dan utang yang membengkak.

Emirsyah Satar

Emirsyah Satar ditunjuk menjadi CEO Garuda Indonesia tahun 2005. Beliau sempat mengajukan syarat kepada pemerintah yang menunjuknya, untuk diberi wewenang penuh dalam mengambil keputusan di Garuda Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan menutup rute-rute yang merugi.

Dimulai dari kepemimpinannya, Garuda mulai berhasil menapakkan kaki maju ke depan. Kerugian tahunan berhasil dikurangi. hal ini tidak lepas dari strategi Garuda Indonesia dalam menghadapi persaingan yang begitu kencang di masa tahun 2000 an. Banyak maskapai bermunculan dengan memberikan tarif yang rendah (low fare aircost) untuk melayani rute dosmetik Indonesia, rute yang selama ini dikuasai Garuda. Namun ternyata Garuda tidak mau untuk ikut terjun di perang harga yang dijalankan oleh maskapai lainnya. Dengan tarif yang normal, Garuda mengedepankan pelayanan kelas tinggi, termasuk di pre-journey, past journey dan inflight servicenya.   Emirsyah menggambarkan bahwa Garuda bukan sebagai “Transport Company”, tapi “Travel Company”, untuk itu penting bagi Garuda memberikan pelayanan yang prima bagi para penumpangnya. Beberapa cerita dari penumpang  (contohnya Hermawan Kertajaya dari MarketPlus bercerita di majalah Marketer) menyatakan kepuasannya atas perbaikan layanan Garuda Indonesia ini, termasuk ketika menggunakan Garuda Frequent Flyer dan Business Lounge yang memanjakan penggunannya. Menu yang begitu Indonesia (ada Nasi Kebuli, Mini Nasi Tumpeng. dan Nasi-nasi lainnya yang tidak akan ditemui di maskapai lainnya), berbagai macam kopi khas Indonesia disediakan di pesawat, mengIndonesiakan Garuda.

Seiring dengan dicabutnya larangan terbang ke Eropa, Garuda juga berusaha untuk memperbaiki diri. Maskapai-maskapai baru akan didatangkan termasuk pesawat Airbus A330-243, Boeing B737-800NG, Boeing B777-300 ER, dengan menggunakan logo baru, corak warna baru, termasuk yang disematkan di ekor armadanya. Akhir-akhir ini juga telah disoft-launching seragam pramugari yang lebih selaras dengan warna interior pesawat, lebih mem”bumi” kata para perancangnya.

Hasilnya? Garuda Indonesia berhasil menjadi salah satu maskapai dunia yang bertahan, bahkan mencatat pertumbuhan positif akhir-akhir ini, bahkan ketika krisis 2008-2009 sempat melanda secara global yang berakibat memburuknya industri penerbangan global. Garuda juga sedang bersiap membuka kembali rute ke Eropa dan Los Angeles. Garuda Indonesia telah berhasil menggapai bintang 4 Skytrax Indonesia dan berjalan terus menuju bintang 5, puncak rating yang diberikan oleh lembaga penilai penerbangan internasional ini, sebagai tanda kinerja pelayanan yang memuaskan.

Selamat ulang tahun Garuda Indonesia yang ke-61. Semoga di usiamu yang semakin tua ini, engkau terus berjalan menjadi perusahaan ikon, kebanggaan bangsa Indonesia!

  1. jarene meh buka amsterdam – jakarta yo peb?
    kapan iku?
    koen iso mulih numpak garuda no..

    • lah aku wis ndik indo😀 iyo juni iki arep buka Amsterdam – Jakarta, dalam 5 tahun akan coba buka Jakarta – London dan Jakarta – Paris

      • lah neng ngendi koen saiki?
        balik londo maneh ra?

    • Ndik jakarta, dalam waktu dekat ini belum berencana untuk balik ke belanda ul hehehe, jadi kemaren mang pulang for good

  2. saya malah ga taw kalo garuda ultah…met ultah buat GARUDA…..

  3. WOIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII

  4. wah masnya selamat ulang tahun buat Garuda Indonesia…😀
    ada harga, ada barang. ada mutu juga tentunya.

    • I Gusti Bagus Ari Permana, SS
    • Januari 26th, 2011

    Happy B’day to my companny GARUDA INDONESIA ke-62.

    • abu devisa
    • Februari 3rd, 2011

    garuda dari tahun 1980 an, laku oleh para TKI/TKW yg ke timteng, kalo ga ada TKI, garuda indonesia ga punya penumpang.

  5. If you’re apathetic with this article, I achievement you accept fun searching at some pictures, Thank you. You should not compromise with quality because if the lacrosse rebounders nets are not up to the mark, your ball would not be deflected in the right manner and this will take some sheen away from the game that you are playing. The front of the car features signature Buick design cues including a waterfall grille and portholes on the elongated hood.

  6. When players are knocked around or are consistently making contact with the ground, synthetic grass absorbs the energy created by the impact.
    So there are a lot of people to contend with if you’re the one holding the ball.
    If you are interested in purchasing a Mini Lacrosse Stick, you have come to the right place.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: