Oh Ngeblog

Saya melihat aktivitas ngeblog kok ndak terlalu populer lagi ya ?  Di stream google reader saya, seksi blog dari teman-teman saya, semakin jarang ada update baru di blog mereka (bumil saya juga udah tampak hiatus dari aktivitas ngeblog). Beda dengan timeline twitter yang selalu penuh dengan update teman-teman yang saya follow… yang mungkin jaman sudah berganti.

Kalau ditanya, saya sendiri masih pro dengan blog (walau malas update). Ngeblog menjadi sesuatu aktivitas buah pikiran, bukan hanya emosi sesaat yang tertuang dalam bentuk shoutout dengan karakter terbatas. Ide, pendapat, informasi yang ada di pikiran harus disusun dengan kalimat bahkan jika perlu gambar dan media lain.

Tapi saya terkejut, ada kasus terbaru yang menggegerkan dunia maya Indonesia terkait dengan dunia perngeblogan. Anda kenal Ramaditya? Blogger tuna netra, yang saya sendiri sempat berjumpa melalui tulisan-tulisannya di Detik.com. Ternyata setelah diselidiki, banyak (kalo tidak semua) klaim prestasinya ternyata adalah palsu. Dia mengaku sebagai komposer musik video game yang populer di Jepang, namun ternyata apa yang ditunjukkan nya adalah merupakan hasil karya orang lain yang diaku-aku saja. wow.

Saya sendiri tidak habis pikir, sedemikian mudahkah orang berbohong untuk mendapatkan sensasi kepopuleran dan perhatian dari masyarakat ?  Ada juga kisah blogger yang menderita kanker payudara dan menuai simpati, ternyata itu semua adalah : FIKTIF. Kisah-kisah pilu nan membangkitkan semangat, walau positif, merupakan hasil rekaan demi sebuah kompetisi pemasaran dan marketing.

Dunia maya memang aneh. Yang harus kita sadar bahwa dari kata itu sendiri : Maya = tidak nyata. Jangan lantas apa yang kita percaya mentah-mentah apapun yang kita dapat dari internet. Perlu kewaspadaan penggunanya sendiri.

Kembali ke ngeblog, apapun isi blognya, tetap saja informasi yang kita sampaikan harus bisa kita pertanggung jawabkan.  Tak hanya blog, tetapi juga status Twitter, Facebook, Google buzz, status YM, BBM, foursquare, Digg, Stumbledupon, LinkedIn…. wew.

  1. Mungkin blogsphere terasa sepi karena jarang blogwalking.:mrgreen:

    Rajin2 BW dong.😉

  2. harusnya twitter dikumpulin per pekan atau per bulan, jadi satu halaman di blog🙂

  3. I love it. Parker reinforces that price is not indicative of quality!!

  1. Agustus 23rd, 2010
  2. April 19th, 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: