Hobi Donlot

Wah tak terasa sekian lama dari posting terakhir…

Dulu ketika saya masih anak ingusan (sekarang juga masih), dijaman listrik masih 110Watt, telpon masih ada kabelnya, kaset masih berserakan, internet masih sebatas khayalan masa depan, dan friendster/facebook/google+ belum ada,  ada tren mengisi diary. Anak-anak cewek (ada satu sih yang cowok) biasanya memberikan diary nya untuk diisi testimonial, pesan dan kesan, untuk nantinya menjadi “souvenir kenangan”. Saya pernah mengisi beberapa, dan yang paling berkesan dari saya bau kertas diary nya yang cukup semerbak, beda dari buku tulis biasa.

Eniwei, terlepas dari bau kertas, saya paling kesulitan untuk mengisi pertanyaan : Hobi. Dulu saya belum tahu kalau saya hobi menggambar, jadi biasanya saya isi “field” tersebut dengan hoby-hoby mainstream seperti : membaca buku, bermain, makan bakso. Akhir-akhir ini saya mencoba berkontemplasi, ternyata hoby saya di masa 90kg-an sekarang ini adalah saya doyan sekali donlot film.

Kebiasaan ini bermula dari ketika saya pertama kali berkenalan dengan kecepatan internet di atas 10kbps, saya ingat donlot an HD pertama saya adalah “Pixar Short Film Collection”. Ukuran filenya besar, dan ketika saya mainkan…….saya takjub dengan betapa detail, tajam, dan menyenangkan film HD untuk dilihat. Apalagi untuk film animasi.

Dan saya pun kecanduan. Untuk setiap film-film block buster yang saya suka (biasanya film dari super heroes, animasi pixar/dreamworks) selalu saya sempatkan untuk menunggu 3 bulan dari jadwal rilis bioskop, saya cari torrentnya, dan sedot! Dimana sedotnya? selalu ada Thepiratebay untuk menyenangkan hati saya dan rekan-rekan pirate. Biasanya saya mulai dari melihat Top 100 High Res Movienya, itu adalah daftar film yang paling banyak diunduh, yang berarti kualitasnya juga terjamin.

ThePirateBay

 

Film-film ini diekstrak dari BluRay. Harga pasaran film BluRay sendiri sangat mencengangkan, sehingga saya merasa sama sekali tidak ber”salah” untuk mendonlotnya (toh biasanya kalau memang film bagus, saya tonton juga di bioskop). Karena HD, ukuran filenya besar-besar, pasti lebih dari 1GB. Hardisk terisi dengan cepat, sehingga dengan sangat-terpaksa saya tetap harus keluar uang dari kantong yang tipis ini untuk menyediakan harddisk yang skala ukurannya sudah mencapai Tera Byte. Namun peruntungan sedikit berubah. Akhir-akhir ini saya menemukan file-file HD dengan ukuran sangat kecil : kisaran 700MB untuk 720p, dan 1GB an untuk 1080p. Wow. Kualitasnya cukup ok walaupun memang ada perbedaan dengan yang ukuran nya giga-an, dan ternyata sumbernya sama yaitu dari YIFY torrent. Ukuran file yang kecil dan kualitas yang cukup ok ini membuat saya menggila dan semakin keranjingan mencari film-film lama untuk melengkapi koleksi. Ada film-film nya Quentin Tarantino (Pulp Fiction, Kill Bill) yang belum pernah saya tonton, ada film yang dulunya membuat terkesan dengan twist nya (Fight Club, Seven), semuanya saya cari donlotannya. Film-film dengan kualitas ok namun dengan ukuran file yang kecil ini saya tandai dengan “Semi HD”.

YIFY Torrents

Bagaimanapun, saya tetap punya “Moral Code”. Kalau itu film yang memang berkesan, haruslah saya cari yang versi HD nya. Misalnya The Dark Knight, itu mah wajib hukumnya untuk punya koleksi yang HD, bukan semi HD. Demikian juga dengan film-film Pixar. Rasanya mengoleksi film-film HD itu memberikan saya kepuasan tersendiri (makanya dinamakan hobi), sensasi yang cukup berbeda dengan “membaca dan makan bakso”.

Kenapa saya tiba-tiba saya menulis hal ini, karena saya baru saja mendapat pencerahan. Ketika kesulitan mencari film-film HD untuk Studio Ghibli, saya menemukan situs baru THORA yang spesifik mengupload file-file anime HD. Mata saya langsung bulat, menelusuri posting demi posting, untuk menentukan anime HD yang akan saya donlot, tonton, memanjakan mata dan saya wariskan ke anak cucu!

Ghibli’s My Neighbour Totoro

 

  1. Mengko lik mulih ijol2an yo, tak ijoli ebooks. :p

  2. febrian :
    eh anakmu wis lairan ?

    Hurung, mungkin sekitar Mei – Juni, insya Alloh. Nyuwun dungane ya…

  3. yang terpenting kita berusaha yg terbaik, pasti akan jadi lebih baik semuanya

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: