Jual Diri

Diambil dari pengalamanku jual diri untuk mencari nafkah 5 bulan kedepan beberapa hari ini, Aku coba kasih petuah-petuah bijak:

1. Apply to everywhere or everything!!

Gak penting lah klien nya seperti apa, jangan dijudge berdasarkan penampilan di internet. Mungkin aja keliatannya perlente tapi letoy, mungkin aja keliatannya letoy tp perlente. Itu berdasarkan pengalaman edo yang berhasil dapat klien yang memuaskan walo dari internet klien keliatan letoy. Tp buat aku, pepatah itu berlaku. tampilannya di internet keren, kenyataannya dia mang keren juga, yang biasa aja biasanya kurang memuaskan. Tapi jangan takut. jangan takut kita bakal ditolak. Jangan takut klien gak memuaskan. Let’s give him a try!

3. Please Consider your Client (2nd priority)

Daripada sakit hati ditolak. Aku dah sering ngalaminnya. Sakit hati ini… sakiittttt….. hanya karena perjalanan dari rumahku ampe groningen aja 3 jam masak aku gak boleh ngelayanin dia…servisku hebat… aku buktiin….Hanya karena aku gak bisa ngerayu-ngerayu pake Dutch, dengan mudahnya aku dicampakkan…

4. Please be On Time!

Em, jangan setengah jam sebelumnya baru berangkat. Kemungkinan klien bakal kecewa kalo kita mengkhianati janji ketemuan. Sekaligus kalo kita nyiapin waktu lebih, bakal banyak ngurangin nervous kita, tegang kita, deg-degan kita..dan akan ada waktu kalo ada kejadian yang gak kita kira-kira. Seperti hari ini…

5. Anticipate, prepare everything!

Cari tempat ketemuan dengan baek, gobloknya aku, cuman lihat di google map sekejap aja. Gak mau nginget jalannya belok2 kemana aja. Jalan di sekitarnya apa aja. Ya jadilah setelah naek bus 300 di haarlem, celingukan gak jelas. Untung aja orientasi arah dan instingku bener awalnya, tapi setelah itu situasi memburuk.. aku gak tau ada dimana… Untung juga dah aku siapkan pulsa telp ini. Telpon temen, dan minta dibukain google map dan minta panduan buat diriku yang sesat, eh nyasar ini. setengah jam berlalu…. gak ada hasilnya…. temanpun nyerah mandu aku yang goblok dan ngeyelan ini…

Usaha terakhir, gangguin ibu-ibu dan bapak-bapak yang lagi leyeh-leyeh di kafe.. bapak itu menunjukkan papan nama jalan…aku ternyata dah berdiri di jalan yang aku cari…..

6.Communicate, Communicate, be Honest…

Belajarlah komunikasi dengan klien dengan baek. Katakan hal-hal yang jujur ke klien apa kekurangan kita. Aku melakukan ini sedari awal, ketika walo aku dah ngerti jalan tetep aja susah nyari tempat kita ketemuan…

” I am lost…. ” berharap kejujuran ini diterima.

” Oh I can see you ….” OMG, untungnya… dia ternyata tahu keadaanku… aku telepon ternyata di depan tempat janjian kita ketemu!!!!

Lebih jauh lagi, jangan melebih-lebihkan servis yang bisa kita beri. Ketika aku beritahu aku bisa ngasih ini, aku kadang takut apakah sejauh itu aku bisa menguasai dan memuaskan dia… ketika kita bisa bicara jujur, akan mengurangi kegugupan kita saat bertemu klien, lha kalo kita ditanya klien “kamu maunya posisi apa, kayak gini bisa kan, saya coba tes ya…” gimana hayo buktiinnya….

7. Sell Your Self!

Ini usaha yang paling penting. Dan hal ini ternyata gak aku siapkan dari dulu! Banyak bukti2 otentik tentang apa aja yang bisa aku kasih ke klien hilang entah kemana, coba kalo dulu aku kumpulkan…. Buatlah sebuah tampilan yang menarik tentang apa yang bisa kamu kasih. Kemampuan apa yang kita kuasai, sampai level mana, harus jelas dan bisa dilihat dari bukti-bukti yang kita sampaikan. Tapi ya jangan kebablasan ngasih sesuatu yang sebenarnya bukan kita yang buat…. semuanya harus bisa dipertanggung jawabkan … baik di depan kliyen maupun di depan Tuhan ketika kita menghadapNya….

Wis lah, gitu tok. Moga-moga bisa aku terapkan dan moga2 bisa lebih baik jual dirinya …

Good Luck interpiunya….

  1. waaaahh… asik asik asik… postingan keren yang gak boleh diberi komentar sampah.

    tips ‘n trik jual dirinya keren, feb. praktis dan bisa diterapkan tanpa bikin bingung seperti di situs-situs “berikan kesan pertama yang menggoda”, “jadilah diri anda sendiri, jangan mencoba jadi orang lain”, “perlihatkan bahwa diri anda berbeda dari kandidat lain”, yang malah bikin aku yang dasarnya lemot ini bingung. sepertinya aku minggu depan yang giliran jual diri. entah apa yang akan harus kusiapkan. semoga sama-sama sukses yak!! *tos dulu*

    btw, itu beneran kamu ke Groningen??!! knapa gak nyari di Maastricht aja skalian???

    huuuhuhu saya dihina-hina ngelamar ke groningen….kan seru, pengen merantau jauh-jauh hihihihihi,
    lo kamu masih ada interpiu juga to nduk? kan dah dapat perusahaanya, beruntungnya kamu daripada kami yang harus luntang luntung cari perusahaan buat magang..
    diterima…
    nggak…
    diterima…
    nggak…
    diterima…
    nggak….
    diterima….
    amiiin
    *tos deeee*

  2. hahahah sibuk cari kerjaan toh mas?
    pokoke underpromise overdeliver wae lah 🙂

    • Shertaria Eunice
    • Januari 19th, 2008

    wakakak..lucu jg pengalaman lo nyasar..emang haarlem itu kota aneh, gw jg nyasar ko wkt interview disana..huh..
    tp soal bukti autentik, ada perusahaan yg minta ada yg engga..jadi pinter2 km aja cari perusahaan..wkwkwk..
    soal apply everywhere or everything..hmm..im not quite sure that im agree with this one..hehe..sorry feb..they need us..therefore, we can make a choice! :p


    maksudnya gini, kadang ragu gak kita bisa, projectnya bagus apa gak, tempatnya dimana?? kenapa gak dicoba aja.. ya lamarlah yang kamu suka, jangan yang gak menarik juga kamu pilih, entar bingung ndiri nolaknya… hayo yang di stageplaza gimana hahahahahaha

  3. bagus juga nih tulisan, bisa dijadikan bahan masukan waktu nyari kerja nanti…..

  4. Bener Feb yang di point 7 tuh, kamu harus nyiapin portfolio. Bagusnya online juga. Sekarang aku mulai ngerasain pentingnya portfolio…

    Btw, point 2 nya kok gak ada?

    wah bener kowe, sing nulis ki belum bisa berhitung rupanya, :)), lo pek, awakmu ngangge alamat wordpress baru?

  5. bener mas..kadang kita manusia terlalu cepet puas dan yakin dengan kesempatan dan kemampuan kita padahal banyak hal-hal kecil yang nantinya menjadi sandungan untuk melangkah ke hal yang lebih besar,aku sering kok ngalamin hal kayak gini..beuh…

  6. Hello there! This is my first visit to your blog! We are
    a team of volunteers and starting a new project in a community
    in the same niche. Your blog provided us valuable information to
    work on. You have done a wonderful job!

    • santi
    • Maret 14th, 2013

    Buat para cowo2 telpon aku ya 085782986720

      • anca
      • Februari 12th, 2014

      ga bisa dihub..

  7. Hi, I do think this is an excellent web site.
    I stumbledupon it 😉 I may come back once again since I bookmarked it.

    Money and freedom is the greatest way to change, may you be rich and continue to guide other
    people.

  8. I am regular reader, how are you everybody? This post posted at this
    site is in fact nice.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar