Dutch-Bahasa Dictionary

Yak, buat ajang nambah pengetahuan terutama buat saya yang kemampuan bahasanya gak nambah-nambah walo dah 8 bulan di negeri orang, saya persembahkan kamus bahasa Belanda-Indonesia termasuk kata2 sehari-hari yang saya tahu. Moga2 bisa bermanfaat. Para pembaca yang budiman dan baek hati, bisa menambahkan kata2 yang tampak menyenangkan yang belum terdaftar di sini. Terutama bagi pembaca yang sama2 tersesat di negara asing ini. saya juga bakal memperbaharui secara rutin jika ada kosakata baru yang masuk dan mampu saya cerna dengan baik.

Bedank

Febrian Van Diemen

**********************

Dutch -> Bahasa

**********************

—————————————Kata ganti

Ik -> Saya
U -> Kamu
Hij -> Dia (Cowok)
Ze -> Dia (Cewek)
Wij -> Kami
Mijn -> Kepunyaan saya ( kalo englishnya sih : My )
Uw -> Kepunyaan kamu ( english : Your )
Zijn-> Kepunyaan dia (cowok)
Haar -> Kepunyaan dia (cewek)

—————————————Kata sambung

Niet -> Tidak
Ja -> Ya
Heb -> Punya
En -> Dan
Of -> Atau
Naar -> Ke
Van -> Dari
Vanaf -> Mulai dari (unis paham banget nih, biasanya dipake buat vanaf 9 ero, obral mulai dari 9 ero hehehe)
Geen -> Tanpa, Tidak ada ex Geen Varken -> Tidak ada babinya kok
Kan -> Bisa (English : can)
Ook -> Juga (English : also)
Andere -> Lainnye (English : other)

——————————Ungkapan

Bedank -> Terima Kasih
Alstublief -> Please
Eeten Smakelijk -> Selamat makan
Nog Niet -> Belum
Nog iets -> Satu lagi
Een Klein Beetje -> Sedikit-sedikit (yah harfiahnya sedikitnya kecil gitu)
Doei -> Daaa
Tot ziens -> sampai ketemu lagi
Goede Morgen -> Selamat Pagi
Goede Middag -> Selamat Siang
Goede Avond -> Selamat Malam
Bijvoorbeeld -> Sebagai contoh..

————————————Kata tanya

Wat -> Apa
Waar -> Dimana
Waarom -> Mengapa (sering banget dipake, oh waarom……)
Kunnen -> Bisa?

————————————————Kata Kerja
Begrijp -> Mengerti
Werk -> Kerja
Slaap -> Tidur
Klein -> Kecil
Kopen -> Beli (satu lagi yang unis bakal dah paham hehe)
Lopen -> Jalan
Komen -> Datang (English : Come)
Maak -> Buat (English : Make)
————————————————–Kata Sifat
Groot -> Besar
Verkopen -> Jual
Genoeg -> Cukup
Mooi -> Cantik
Prachtige -> Cantik
Lekker -> Sedap, enak lah pokokmen, tidur enak juga jadi Lekker slaapen
Mogelijk -> Memungkinkan
Grotere -> Lebih gede

————————————————-Kata Benda

Prijs -> Harga
Schoenen -> Sepatu
Geboortedatum -> Tanggal Lahir
Heren -> Cowok
Dames -> Cewek
Pagina -> Halaman (english : Page)
Naam -> Nama
Straat -> Jalan
Loan -> Gaji
Ogen -> Mata ato mripat hehehe
Kleur -> Warna
Haar -> Rambut
Maat -> Ukuran
Modellen -> Model
Klanten -> Client
Inschrijven -> Lamaran (English : application)
Keuze -> Plihan (English : choice)

————————————–Nama-nama hari, Bulan dan waktu
Mandag -> Senin
Dinsdag -> Selasa
Woensdag -> Rabu
Donderdag -> Kamis
Frijdag -> Jumat
Zaterdag -> Sabtu
Zondag -> Minggu
Dag -> Hari
Uur -> Jam (bukan jam sebagai benda)
Mand -> Bulan (bukan bulan sebagai benda)
Nacht -> Malam
Avond -> Sore

—————————————–Angka-angka
Een -> Satu
Twee -> Dua
Drie -> Tiga
Vier -> Empat
Vijf -> Lima
Zes -> Enam
Zeven -> Tujuh
Acht -> Delapan
Negen -> Sembilan
Tien -> Sepuluh
Elf -> Sebelas
Twaalf -> Dua Belas
Dertien -> Tiga Belas
Veertien -> Empat Bleas
Twintig -> Dua puluh
Eenendertig -> Tiga puluh satu (disini nyebutnya satuan dulu baru puluhan)

Berikut contoh-contoh yang diberikan oleh Mas Bagus (kok mirip-mirip sama nama anonim yang saya berikan ke temen saya ya, hihihih):

Welkom! Selamat datang!
Goede reis! Selamat jalan!
Ik leer Indonesisch. Saya belajar bahasa Indonesia.
U spreekt Indonesisch. Anda berbahasa Indonesia.
Ik eet rijst. Saya makan nasi.
Ik heb honger en dorst. Saya lapar dan haus.
Ik wil graag gebakken rijst eten. Saya mau makan nasi goreng.
Smakelijk eten. Selamat makan.
U drinkt thee. Anda minum teh.
Ik wil graag thee met suiker (zoete thee) drinken. Saya mau minum teh manis.
Wij wonen in Indonesië. Kami tinggal di Indonesia.
Hij werkt met plezier. Dia bekerja dengan senang hati.
Ik hou van dit lied Saya suka lagu ini.
Ik hou van het uitzicht. Aku suka pemandangannya
Ik kom uit Nederland. Saya dari Belanda.
Ik heb slaap. Saya ngantuk.
Ik wil nu slapen Saya mau tidur sekarang.
    • Shertaria Eunice
    • April 18th, 2008

    yaoloh..gada kerjaan ya feb??
    mana banyak misspelling..:p pissss..bawa2 nama gua lagi..gw mah bukan vanaf yg doyan..
    tapi opruiming!! alias clearance sale..wakakaka..
    en dan, twee halen een betalen (beli dua bayar 1 gitu maksudnya),
    en dan, 10euro korting..huiiii..senang.. 🙂

    tapi kalo uda diluar kosa kata itu…dat is te duur man!!
    yuk ah mariii menyambut weekend..hoho..

    iya deeeeeeeeeh yang udah les seharga *** euro sama punya ******* orang belanda hehehehehehehehehhehehehehehe, masukkan dong kosakata romantis pake dutch nis hehe

    • ainil
    • April 18th, 2008

    feb, sekalian cara bacanya heheheh, biar ga binun

    wah, kalo ada kesempatan dan kemampuan ya hehehe, aku aja masih takut salah ngeja

  1. hahaha..bagus juga lo…yang rutin yaw….

    hoi hoi, tambahin dooong, kamu kan kerja di resto juga Pan, minimal tahu kata-kata geen pikant, geen rundvles kekkekekeke

  2. aanbieding

    op = op

    LOL xD

    • ryan
    • April 19th, 2008

    ya elah, yg paling umum mala g ada
    “Ik hou van je” =)

    sama ini neh, kosakata resto
    “Afhaal”
    “Meenemen”
    “Rijst Tafel”
    (sapa tau kepake =P)

    terus ucapan selamat, kek
    “gefeliciteerd met jouw verjaardag”

  3. lihat juga

    http://home.wanadoo.nl/ed.vos/bahasa-indonesia/

    banyak kata yang penting 😉

    wah iya, terima kasih mas. akan saya tambahkan sebagai referensi

  4. hanjrit. niat!

  5. kereeennnnnnnnn

    • jessica
    • Desember 5th, 2008

    aloo..nice posting!!hehehe, berguna banget, gw lagi mu blajar dutch soale..salam kenal!!

    • Agung
    • Maret 20th, 2009

    thanks..
    mantap.. jangan lupa di update and ditambah trus ya..
    emangnya kamu lagi di Belanda?
    salam kenal..

    • willyam
    • Oktober 28th, 2009

    wah keren neh…
    ayo donx..tambahin lg…

    • anke
    • November 27th, 2009

    hoi

    ik ben anke
    ik zou graag meer over indonesie willen weten en de taal leren spreken

    ik hou van jullie

    vooral willyam berkata ❤ lekkerding *hartje hartje* wil je nooit meer kwijt ❤ UH UHHH UHHHH LEBBEERRRTTJEUHHHH

    • Nisha Oknaemi
    • Desember 10th, 2009

    Ada ngk kata-kata yang mirip indonesia ke dutch yach contohnya opa dan oma utk bhs belanda juga sama kxk gitu lah. mohon jawabannya minimal 25 lah mau lebih juga gpp. Thanks ych bro.

    • pr@st
    • Desember 30th, 2009

    tambahin lagi lah

    • ira kurniawati
    • Februari 13th, 2010

    Hoi,

    Saya lagi belajar bahasa Belanda dan mo nempuh ujian nich. Ini membantu banget buat persiapan ujian dan pengetahuan tambahan saya buat dirumah. Ya..tambahain lagi ya kalo ada kosa kata yg baru. Pokoknya tambah siip aja dech. Saya tunggu…

    Groetjes,
    Ira

  6. hi, sukur2 ada aplikasi kamus indonesia belanda om….lebih praktis..heee moga sukses yang ada di belanda..

    • arwy
    • Juli 14th, 2010

    dank je,.itung2 biza nambah pngtahuan ,,.;-)

    • arwy
    • Juli 14th, 2010

    dank je ja,. biza nambah pngtahuan euy…

  7. boleh ikutan , , aku mau belajar , bahasa dutch , lk ben filemon , :Follow me fb : filemon dagama

    • Mel sitinjak
    • Februari 12th, 2016

    Saya suka belajar bhs belanda krn sewaktu kuliah saya di fakultas hukum kita jg belajar bhs belanda.
    Goede morgen…

  1. April 17th, 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: