How technology (companies) change our world … (1)

Akhir pekan kemaren saya mendiskusikan banyak hal tentang teknologi dengan kawan lama saya Hafiz. Bermula dari diskuri tentang Pingback nya wordpress ( yang benere pengen saya bahas juga di blog ini ), terus nggelambrah (red: melebar) ke desain interface baru nya Facebook, extensions nya Google Chrome, persaingan Google dan Apple, dan macem-macem. akhirnya sampailah kami pada kesimpulan-kesimpulan berikut.

Dunia sudah dikuasai tiga perusahaan teknologi besar, terutama di pasar konsumen luas (bukan enterprise atau perusahaan),  yang masing – masing memiliki karakteristik khusus di  lahan yang di kuasai :

1. Apple

Perusaahan ini bergerak di bidang  Hardware awalnya dan kemudian merambah Software. Apple selalu meluncurkan produk hardware nya dengan software propietary yang khas menjadi kekuatan Apple sendiri. MacOS yang tangguh menemani produk PC  dan notebook keluaran Apple, termasuk browser yang diusungnya Safari. Sedangkan di hardware, Apple merajalela dengan IMac, Ipod, Iphone, dan akan diluncurkan IPad.

2. Microsoft

Perusahaan ini bergerak di bidang Software dan kemudian merambah ke Internet, dan baru akhir-akhir ini merambah dunia hardware. Di bidang Software, kekuatan perusahaan ini benar-benar tak tertandingi, tentu dengan produk nya Windows yang terinstal di produk PC di seluruh dunia, browser IE yang menguasai pangsa pasar setelah memenangi perang browser di jaman 1990-an dengan Netscape.  Dia kemudian masuk ke Internet dengan MSN, Hotmail. dan akhir-akhir ini mengupdate jajaran portfolionya dengan layanan Live dan Bing nya. Hardware ? masih gres juga Microsoft meluncurkan XBox dan Zune.

3. Google

Perusahaan ini siapa sih yang ndak kenal? rasanya pencarian di internet sudah identik dengan nama perusahaan ini, meng”google” sesuatu identik dengan mencari informasi sesuatu di website. Perusahaan ini awalnya bergerak di Internet dengan layanan mesin pencari google, namun akhir-akhir ini semakin agresif dengan merambah layanan software offline seperti Chrome bahkan mulai berani mengotak-atik Operating System sendiri baik mobile dan desktop (ya netbook bisa lah diitung-itung sebagai desktop) melalui Android dan Chrome OS. Yang mengejutkan (walau sebenarnya sudah ditunggu) akhirnya Google merambah dunia hardware dengan Nexus One, smartphone keluaran Google.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: